Jakarta, Aktual.co — Ketua DPP PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan membenarkan jika fraksi PDIP menggelar rapat di gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, Senin (27/10).
Rapat ini, kata dia, membahas soal pergantian anggota fraksi yang telah terpilih menjadi menteri, di kabinet kerja Jokowi-JK.
“Sesuai keinginan Pak Jokowi bahwa para anggota kabinet untuk tidak urusi partai. Berarti posisi Pak Cahyo sebagai sekjen dan Mbak Puan sebagai ketua fraksi kosong. Dua itu akan menjadi salah satu agenda rapat ini.” kata dia saat ditemui di gedung DPR, Jakarta.
Menurut Trimedya, sosok yang tepat menggantikan Puan Maharani adalah mantan Wakil Ketua DPR Pramono Anung.
Hal itu mengingat rekam jejak Pramono yang sudah malang melintang di DPR dan juga termasuk kader senior partai.
“Bisa saja menggantikan Mbak Puan sebagai ketua fraksi karena Mas Pram ini kan kader senior, beliau bekas sekjen dan juga pernah menjabat wakil ketua DPR RI,” kata dia.

Sebelumnya, Puan mengatakan setelah pelantikan akan ada rapat internal PDIP untuk membahas AD/ART. Rapat salah satunya akan membahas posisinya di PDIP.
“Nanti sesudah ini ada rapat internal PDIP untuk membahas AD/ART. Soal mekanisme posisi saya yang pasti saya akan siap menjalankan amanah untuk membantu pemerintahan bersama presiden dan wapres,” kata Puan.

()