Jakarta, aktual.com – Medan merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, Kota Medan memiliki banyak tempat wisata, kuliner, dan masyarakat beragam. Medan juga mempunyai sejarah panjang sehingga terdapat spot-spot tertentu yang sarat peninggalan masa lampau.

Jika Anda tertarik traveling ke Medan, pastikan sudah menyiapkan perlengkapan wisata berikut ini.

1. Krim Tabir Surya

Tabir Surya.

Tahukah Anda, kawasan Medan didominasi pesisir? Artinya, Medan dekat dengan bibir pantai. Hal ini mengakibatkan udara di Medan terasa panas. Itulah sebabnya, Anda harus membawa tabir surya.

Pakaikan tabir surya di bagian wajah dan tubuh Anda. Semakin tinggi SPF tabir surya yang dioleskan, kulit semakin aman dari sengatan cahaya matahari. Minimal, Anda menggunakan SPF 30 untuk produk tabir surya.

2. Air Minum
Panasnya udara di Medan bisa menyebabkan cepat haus. Jika dibiarkan, Anda bisa terkena dehidrasi. Pasalnya, kebutuhan cairan di tubuh tidak terpenuhi. Jadi, sebelum traveling, siapkan botol berisi air putih. Pastikan, air tersebut cukup untuk beberapa kali perjalanan.

3. Pakaian Ringan dan Menyerap Cahaya Matahari
Pemilihan pakaian juga memengaruhi kenyamanan Anda saat traveling. Khusus daerah Medan yang panas, gunakan pakaian berbahan ringan. Pastikan juga, pakaian tersebut tidak terlalu banyak menyerap cahaya matahari.

Sebagai contoh, Anda ingin memakai celana panjang selama perjalanan. Supaya terasa ringan, kenakan celana berbahan katun. Untuk warna, sebaiknya hindari yang bercorak gelap. Pilih saja warna-warna pastel atau cerah supaya terasa adem.

4. Kamera Terbaik
Kota Medan memiliki panorama yang menarik, baik di kawasan perkotaan, maupun pedesaan. Supaya bisa mengabadikannya, pastikan membawa kamera di setiap perjalanan Anda. Pilih kamera terbaik untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Anda bisa menggunakan kamera ponsel atau membawa DSLR. Jika memungkinkan, bawalah kamera tahan air untuk mengabadikan taman bawah laut.

5. Uang Tunai
Tidak semua lokasi di Medan memiliki ATM bank tempat Anda menyimpan dana. Terutama di objek wisata yang letaknya di daerah tersembunyi, ATM jelas sulit ditemukan. Karena itu, Anda harus membawa uang tunai cukup banyak.

Uang tunai bisa digunakan untuk membayar transportasi menuju tempat wisata. Anda pun dapat membayar makanan, minuman, tiket masuk objek wisata, serta membeli tiket kereta menggunakan uang tersebut.

6. Money Belt
Mengingat banyaknya uang tunai yang Anda bawa, gunakan money belt untuk mengamankan dari pencopetan. Bentuk money belt berupa ikat pinggang. Namun, di bagian ikat pinggang tersebut terdapat saku kecil dengan risleting. Kompartemen inilah yang bisa Anda pakai sebagai wadah uang tunai.

7. Travel Vacuum Bag

Travel Vacuum Bag

Saat Anda bepergian ke pantai di sekitar Kota Medan, aktivitas menyelam maupun berenang jangan sampai dilewatkan. Untuk mengantisipasi pakaian kotor atau basah usai melakukan kegiatan tersebut, bawalah travel vacuum bag.

Travel vacuum bag berbahan plastik yang kedap air. Jika pakaian kotor Anda masih kering, pisahkan di travel vacuum bag tersendiri. Meskipun terkena tetesan air hujan, plastik travel vacuum bag tetap melindungi pakaian Anda dari basah.

Jadi, apakah perlengkapan wisata Anda sudah lengkap? Jika sudah, sekarang waktunya membeli tiket pesawat Trigana Air ke Medan. Untuk cek harga tiket pesawat hari ini, Anda bisa melihat di web atau aplikasi traveling.

Salah satu aplikasi traveling yang bisa digunakan adalah Airy. Melalui aplikasi Airy, transaksi Anda lebih aman dan dijamin bebas penipuan. Jika memiliki kendala dalam traveling, pengguna aplikasi maupun web boleh menggunakan refund dan reschedule.

(Zaenal Arifin)