Pasukan gabungan pimpinan AS terlibat baku tembak di dekat Manbij, Suriah utara, ketika berpatroli di dekat daerah yang dikuasai pemberontak dukungan Turki. (ilustrasi/aktual.com)

Ankara, Aktual.com – Pemerintah Turki melakukan pengiriman 80 kendaraan militer, termasuk tank, ke daerah perbatasan selatannya dengan Suriah.

Dengan mengutip sumber militer bahwa pengiriman tersebut dilakukan sebagai bagian dari pengerahan bantuan kepada pasukan di sepanjang perbatasan tersebut.

“Kendaraan tersebut dikirim ke distrik Iskendurun, provinsi Hatay,” seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (18/9).

Tentara Turki juga mengirim beberapa truk pertolongan pertama dan kendaraan militer ke tempat sama beserta alat berat. Iringan kelompok ketiga dari kendaraan lapis baja tengah menuju ke distrik Reyhanli, Hatay. “Tempat di mana gerbang perbatasan antara Cilvegozu, Turki dan Suriah berada,” paparnya.

Pada Jumat, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan bahwa Rusia, Iran dan Turki telah sepakat untuk menempatkan pemantau di sekitar daerah penurunan ketegangan di wilayah Idlib, Suriah utara, yang sebagian besar dikendalikan oleh pemberontak terkait bekas jaringan al-Qaida.

(Andy AbdulHamid)
1
2