Malang, aktual.com – Sejumlah oknum mahasiswa Papua yang berada di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (15/8) terlibat bentrokan dengan warga sekitar. Bentrokan tersebut terjadi di simpang empat Jalan Semeru dan Jalan Kahuripan, Kota Malang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bentrokan terjadi ketika sejumlah mahasiswa Papua melintasi lokasi kejadian untuk melakukan demonstrasi, sekitar pukul 09.00 WIB.

Mahasiswa tersebut sambil berjalan, berteriak-teriak meminta Papua merdeka dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mereka teriak – teriak ada yang menuntut merdeka. Oleh warga sekitar yang tidak setuju dengan aksinya coba diingatkan tapi terjadi bentrokan tersebut,” ujar saksi mata, Susanto, yang berprofesi sebagai penjual bensin eceran ini.

Bentrokan tersebut, terjadi antara mahasiswa Papua dengan warga setempat dengan saling lempar batu atau benda-benda keras lainnya.

Tidak lama kemudian, mahasiswa Papua itu berhasil dipukul mundur ke Jalan Basuki Rachmad dan Jalan Semeru sebelum akhirnya diamankan oleh pihak kepolisian.

Saat kejadian berlangsung akses jalan utama di Kota Malang ini sempat ditutup oleh pihak kepolisian, sejumlah kendaraan yang mau melintasi dialihkan menuju Jalan Belakang RSU Saiful Anwar.

(Zaenal Arifin)