Beranda Internasional Turki Akan Respon Sikap Tolerir Negara Eropa Atas Kelompok Teroris PKK

Turki Akan Respon Sikap Tolerir Negara Eropa Atas Kelompok Teroris PKK

Ankara, aktual.com – Turkiye bakal merespons sikap tolerir sejumlah negara kepada kelompok teroris PKK di Eropa. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya mengamati kelompok teroris tersebut semakin eksis di sejumlah negara seperti Jerman, Prancis, dan Inggris.

“Turkiye akan menentukan sikapnya terhadap mereka,” tegas Erdogan seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (18/1) pagi.

Seperti diketahui dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turkiye, PKK terdaftar sebagai organisasi teroris yang bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40 ribu orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG/PYD adalah cabangnya di Suriah.

Dalam kesepakatan yang ditandatangani Turkiye, Swedia, dan Finlandia pada Juni lalu, kedua negara Nordik tersebut berjanji untuk mengambil langkah-langkah melawan kelompok teroris untuk mendapatkan keanggotaan di NATO. Kedua negara tersebut pun membutuhkan dukungan dari Turkiye yang sudah menjadi anggota selama lebih dari 70 tahun.

Turkiye memuji beberapa langkah yang diambil oleh Swedia dan Finlandia tetapi mengatakan negara-negara tersebut perlu berbuat lebih banyak. Terutama setelah demonstrasi teroris yang provokatif minggu lalu di Stockholm yang secara langsung mengancam Presiden Turkiye.

(Megel Jekson)