Beranda Internasional Turki Jadi Tuan Rumah Pertemuan Damai Rusia-Ukraina

Turki Jadi Tuan Rumah Pertemuan Damai Rusia-Ukraina

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam Forum Antalya (Anadolu Agency)

Ankara, Aktual.com – Turki menjadi tuan rumah pertemuan tripartit penting antara Menteri Luar Negeri Ukraina dan Rusia guna memfasilitasi gencatan senjata saat perang sudah memasuki hari ke-15, Kamis (10/3). Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Mevlut Cavusoglu menyatakan dirinya bakal menyambut Menlu Dmytro Kuleba dari Ukraina dan Menlu Sergey Lavrov dari Rusia di provinsi selatan Turki, Antalya. Di sana tengah berlangsung Forum Diplomasi Antalya yang memfasilitasi pertemuan tersebut.

Dikutip dari Anadolu Agency, Cavusoglu pun berharap pertemuan itu akan menjadi ‘titik balik’ dan ‘langkah penting’ menuju perdamaian dan stabilitas kawasan. Pihaknya juga akan terus berupaya untuk membangun perdamaian abadi antara Rusia – Ukraina.

Perang Rusia yang terjadi di Ukraina telah mengundang kemarahan dari komunitas internasional. Uni Eropa, Inggris, dan AS akhirnya memberlakukan berbagai sanksi ekonomi kepada Moskow.

Menurut data PBB, sedikitnya 516 warga sipil tewas dan 908 lainnya terluka di Ukraina sejak Rusia melancarkan perang. Demi keselamatan, lebih dari 2,1 juta orang telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga.

Putaran pertama pertemuan telah berlangsung pada 28 Februari lalu di Gomel, Belarusia, dekat perbatasan Ukraina. Sementara, putaran pembicaraan kedua berlangsung pada 3 Maret, dan yang ketiga berlangsung pada 7 Maret di Brest.

(Megel Jekson)