Bendera kebangsaan Turki (Foto: Google)

Ankara, aktual.com – Pejabat Turki, Omer Celik secara resmi mengecam pernyataan yang bernada menghina yang dilakukan pejabat partai BJP yang berkuasa di India soal Nabi Muhammad.

“Kami mengutuk pernyataan penghinaan oleh pejabat BJP terhadap Nabi dalam istilah yang paling keras,” ucap Omer Celik yang juga sekaligus juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Turki di Twitter, Rabu (8/6) kemarin.

Celik pun menggarisbawahi penghinaan ini tidak hanya dilakukan terhadap umat Islam di India tetapi juga terhadap umat Islam di seluruh dunia.

Meski demikian, mantan  Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki ini tetap menyambut baik tindakan BJP yang memecat politisinya tersebut. Apalagi, pemerintah India juga turut mengutuk pernyataan tersebut.

“Pendekatan ini harus menjadi contoh. Kami berharap pemerintah India mengambil tindakan yang diperlukan dalam menghadapi meningkatnya Islamofobia dan memperkuat kebebasan beragama umat Islam,” jelas dia seperti dimuat Anadolu Agency.

Pekan lalu, Juru Bicara BJP Nupur Sharma dan Kepala Media BJP Delhi, Naveen Kumar Jindal membuat pernyataan yang menghina Nabi Muhammad. Tindakan tersebut akhirnya memicu gelombang kecaman di dalam negeri dan dunia Islam.

Sebelumnya pada Senin lalu, India mengatakan pernyataan itu tidak mencerminkan pandangan pemerintah. Partai BJP pun mengaku telah mengambil tindakan keras terhadap kedua orang tersebut.

“Tidak mencerminkan pandangan Pemerintah India,” ujar Juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi.

(Megel Jekson)