Beranda Regional Jakarta Raya Uhamka Jadi Kampus Islami Terbaik di Indonesia

Uhamka Jadi Kampus Islami Terbaik di Indonesia

Kampus Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Dok. Uhamka)

Jakarta, aktual.com – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) dinobatkan sebagai kampus Islami terbaik pertama di Indonesia dan peringkat ke-9 di dunia versi 4 International College & Universities (4ICU) tahun 2023. Sementara di wilayah DKI Jakarta, Uhamka menempati peringkat kedua dalam daftar 30 Universitas Swasta Terbaik versi pemeringkatan Unirank tahun 2022.

Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro menyebut prestasi ini sebagai hasil kerja keras dan kerja cerdas keluarga besar Uhamka. Gunawan pun menunjukkan rasa syukurnya atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah tentu kami bersyukur bahwa Uhamka telah membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat ke-9 sebagai kampus Islam terbaik di dunia, dan peringkat ke-1 kampus Islam terbaik Indonesia yang terdaftar dalam data versi 4ICU tahun 2023,” ujar Gunawan seperti dilansir dari situs Muhammadiyah, Sabtu (11/3) kemarin.

Gunawan berharap prestasi Uhamka ini tidak membuat keluarga besar Uhamka berpuas diri. Sebaliknya, Gunawan meminta Uhamka terus bergerak meningkatkan prestasi-prestasi lainnya.

“Saya berharap dengan raihan peringkat yang signifikan ini, serta akreditasi yang telah unggul dapat menjadikan Uhamka terus berkomitmen untuk lebih maju dengan merealisasikan visi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University 2024 dan Prophetic Entrepreneurial University 2045,” kata dia.

Gunawan juga menyampaikan bahwa saat ini Uhamka sebagai amal usaha milik PP Muhammadiyah sedang melakukan program internasionalisasi kampus. Hal ini sejalan dengan visi PP Muhammadiyah dalam upayanya mencerahkan dunia semesta.

“Gerakan dan dakwah yang dibangun harus menyentuh kancah dunia, dan kami yang bergerak di bidang pendidikan akan ikut serta dalam visi yang sudah dicanangkan PP Muhammadiyah,” sambungnya.

Sebagai informasi, laman elektronik pemeringkatan 4ICU merupakan suatu mesin pencarian dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi. 4ICU sendiri tersebar dalam 200 negara.

Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Setiap tahunnya, pembaharuan hasil pemeringkatan dirilis 4ICU pada bulan Januari dan Juli.

(Megel Jekson)