Jakarta, Aktual.com — Pelaksanaan ujian nasional pada hari pertama di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, diwarnai gangguan arus listrik dan putusnya koneksi internet di sejumlah sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, Ikhwanuddin, mengatakan, saat pelaksanaan UN berbasis komputer di SMA 4 Kejuruan Muda sempat terjadi penurunan tegangan arus listrik, namun dapat teratasi karena pihak sekolah menyediakan genset.

Selain gangguan listrik, lambatnya koneksi jaringan internet juga terjadi di SMA Percontohan Karang Baru dan SMAN 1 Seuruway.

“Gangguan koneksi teratasi karena kita telah menyediakan modem di sekolah yang mengikuti program UNBK,” kata Ikhwanuddin, di Karang Baru, Senin (4/4) sore.

Kedua gangguan tersebut, lanjut Ikhwanuddin, bisa diatasi secara baik karena pihaknya bersama sejumlah sekolah telah berdiskusi terkait segala kemungkinan terjadinya kendala saat pelaksanaan UNBK tahun 2016.

Secara umum, sambung dia, pelaksanaan ujian nasional berlangsung aman dan lancar.

Pelaksanaan UNBK di Kota Langsa, pada hari pertama diikuti lima sekolah, yakni SMAN 1, SMAN 3, SMKN 1, SMKN 3 dan SMKN 4. Sebanyak 3.016 siswa yang mengikuti UN tahun 2016.

()