Jakarta, aktual.com – PT United Tractors Tbk (UT) menciptakan generasi muda yang siap bekerja, mandiri dan berkarakter melalui program Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT).

SOBAT merupakan program yang dilakukan oleh UT untuk membantu pendidikan teknik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan SOBAT adalah meningkatkan kualitas para murid, guru, seraya mempersiapkan transformasi sekolah-sekolah agar dapat bersaing dalam Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI).

Seperti dikutip dari laman resmi United Tracktors di Jakarta, Rabu (16/10), tahun ini melalui jejaring SOBAT yang telah dimiliki, UT meluncurkan sebuah ajang bergengsi yaitu Kompetisi SOBAT.

Kompetisi ini merupakan ajang bagi sekolah, siswa, maupun guru untuk menunjukan kemampuan terbaiknya melalui inovasi yang dibuat oleh tiap sekolah.

Selain itu, ajang ini juga dapat dijadikan sarana dalam membangun hubungan yang harmonis antara UT dengan sekolah-sekolah binaannya.

Kompetisi SOBAT dilaksanakan dalam dua kategori, yaitu kategori inovasi Teknik Alat Berat (TAB) dan kategori inovasi umum. Total makalah inovasi yang terkumpul adalah 92 inovasi dari 47 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada tanggal 14 – 16 Oktober 2019 di Jakarta, bertepatan dengan perayaan hari jadi UT ke-47 yang jatuh pada tanggal 13 Oktober 2019, diselenggarakan seleksi tahap final, dimana telah terpilih 10 inovasi terbaik, yaitu 5 inovasi untuk kategori TAB dan 5 inovasi untuk kategori umum.

Dalam tahap seleksi final peserta membawa prototype inovasi dan melakukan presentasi. Selain dari internal UT dan Astra, juri yang menilai dalam kompetisi ini juga melibatkan Kementrian Perindustrian serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana peserta akan dinilai dari sisi konsep, kerjasama tim, sistem dan performance.

Pemenang Kompetisi SOBAT 2019 untuk kategori TAB adalah SMKN 2 Jember yang membuat inovasi Alat Cerdas Pendeteksi Katup Thermostat, serta untuk kategori umum dimenangkan oleh SMKN PGRI 2 Ponorogo yang membuat inovasi Aplikasi Servis Kendaraan Bermotor.

UT berharap dengan Kompetisi SOBAT ini dapat meningkatkan kapabilitas sekolah agar mampu berdaya saing, tangguh dan berdampak bagi daerah sekitarnya.

(Zaenal Arifin)