Washington DC, Aktual.com – Menteri Pendidikan Presiden Trump Betsy DeVos mengajukan pengunduran dirinya, dan menjadi anggota Kabinet kedua yang mengundurkan diri menyusul respons Trump terhadap massa yang membobol Capitol AS, menurut seorang pejabat.

Menteri Perhubungan Elaine Chao juga mengundurkan diri pada Kamis sore (7/1) setelah meluangkan “waktu untuk memahami” pemberontakan di Capitol Hill dan respons Presiden terhadapnya.

“Hari ini, ada banyak instrospeksi diri dan diskusi,” kata seorang pejabat senior pemerintahan. “Jelas itu hal yang benar untuk dilakukan.”

Chao membahas masalah ini dengan stafnya dan suaminya, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, sebelum memutuskan sekitar pukul 11 pagi bahwa dia akan mengundurkan diri.

Elinore McCance-Katz, asisten sekretaris Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, juga menyatakan mengundurkan diri hari ini sebagai respons atas peristiwa yang sama, Jumat (8/1).

“Saya memilih untuk mengundurkan diri hari ini sebagai Asisten Menteri untuk Kesehatan Mental dan Penggunaan Zat,” tulis McCance-Katz, asisten sekretaris kesehatan mental dan penyalahgunaan zat, dalam sebuah surat tertanggal hari ini.

“Sudah menjadi rencana saya untuk tinggal sampai pergantian pemerintahan terjadi, tapi rencana saya tiba-tiba berubah tadi malam ketika … saya melihat pengambilalihan gedung Capitol yang biadab. Saya meyakini bahwa perilaku ini sama sekali tidak dapat diterima dan, dalam hati saya sendiri, saya tidak dapat melanjutkan ini,” tulis McCance-Katz.(RRI)

(Warto'i)