Tangkapan Layar Saat Talkshow Efektivitas Vaksin Dalam Pemutusan Penularan COVID-19
Tangkapan Layar Saat Talkshow Efektivitas Vaksin Dalam Pemutusan Penularan COVID-19

Jakarta, Aktual.com – Ikatan Cendikiawan Perempuan Papua (ICPP) & Forum Senior Milenial (Forsemi) Papua menyelenggarakan Talkshow dalam rangka menyambut 17 Agustus 2021 HUT RI-76 dengan tema “Efektivitas Vaksin Dalam Pemutusan Penularan COVID-19” dilaksanakan melalui media virtual, Jakarta, Sabtu (14/8) siang.

Talkshow dihadiri oleh Ketua Umum Ambassador, Freddy Numberi yang memberikan sambutan pembukaan Talkshow, KADIS KES Papua dan Papua Barat, Direktur RSUP Provinsi Papua, Direktur RSUD Provinsi Papua Barat, 20 dokter-dokter di Papua dan Papua Barat, TOMA dan TOGA. Narasumber dalam Talkshow tersebut adalah juru bicara Kemenkes & Direktur P2ML, dr. Siti Nadia Tarmimizi dan Dokter Spesialis Anak dan Konsultan, dr. Thomas Harry Adoe, SpA (K). Serta  Ketua Umun Ikatan Cendikiawan Perempuan Papua, dr. Rosaline.I.Rumaseuw, M.Kes sebagai moderator Talkshow.

Juru Bicara Kemenkes & Direktur P2ML, dr. Siti Nadia Tarmimizi mengatakan bahwa bukan hanya menjaga protokol kesehatan 6M yaitu memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan makan bersama tetapi kita juga harus memperkuat diri kita dengan vaksin Covid-19 agar tubuh kita memiliki kekebalan terhadap virus.

“Dengan cara di vaksin itu sebenarnya akan bisa memberikan dan melatih kekebalan tubuh kita untuk mengenal dan melawan virus,” ujar dr. Siti Nadia Tarmimizi dalam Talkshow Efektivitas vaksin, Sabtu.

Menurut dr. Siti Nadia Tarmimizi vaksin berfungsi untuk menekan angka risiko penyakit dan kematian. Setiap orang yang mendapatan vaksinasi akan membentuk antibodi spesifik terhadap penyakit tertentu. Pemberian vaksin kepada kelompok usia tertentu dapat membatasi penularan kepada kelompok lainnya.

Sementara itu Dokter Spesialis Anak dan Konsultan, dr. Thomas Harry Adoe, SpA (K) menyampaikan bahwa Vaksinasi Covid-19 itu vaksin yang dibuat untuk memberikan manfaat kepada manusia, bukan hanya orang tua dan lansia yang membutuhkan vaksin tetapi anak-anak juga harus di berikan vaksin Covid-19 agar anak tetap  terjaga dari virus. Banyak anak-anak yang terpapar Covid-19 tanpa gejala.

“Anak-anak kita itu bagian dari generasi penerus, mereka harus dilindungi, pemerintah memberikan perlindungan termasuk terhadap bahaya Covid-19” ujar dr. Thomas Harry Adoe, SpA (K).

Talkshow ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan bahwa pentingnya meperhatikan protokol kesehatan dan mempertahankan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebijakan dan protokol kesehatan dan kinerja pembangunan dibidang kesehatan agar mau dan mampu mendukung implementasi pembangunan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya vaksinasi Covid-19 yang sangat berpengaruh untuk memutuskan penularan Covid-19.

(Diva Ladieta)

(Aktual Academy)