Kuningan, Aktual.com – Limbah bekas penanganan medis yang berserakan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Akhir Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ternyata memang kerap dibuang oleh pihak rumah sakit di Kuningan.

Hal itu diakui oleh Rohmat (52), yang merupakan penanggung jawab alat berat di TPSA Ciniru ketika ditemui, Selasa (27/4/2021) siang.

“Iya (rutin) memang dibuang oleh pihak rumah sakit, dari Luragung, dan Kota Kuningan,” kata Rohmat.

Bekas limbah medis itu, kata dia, seperti jarum suntik, masker, botol infus, dan alat pelindung diri (APD). “Waktu pertama (Covid-19) itu banyak, tapi gak tahu sekarang, tapi kalau yang botol infus, jarum suntik itu masih ada,” katanya.

Limbah bekas medis itu, kata dia diangkut oleh mobil Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan. Mobil tersebut khusus untuk limbah penanganan medis.

“Mobil LH, tapi khusus kontainer,” kata dia

Rohmat melanjutkan bahwa limbah bekas penanganan medis itu bila tiba di TPSA Ciniru sudah terbungkus oleh plastik. Bila tiba, langusung habis dibawa oleh pemulung yang kesehariannya mengais rezeki di TPSA Ciniru.

“Bukan dikarungan, tapi di plastik semua, sekarang udah habis karena langsung diambil pemulung. Datang tuh langsung habis, karena laku semua (kalau limbah medis mah,” beber dia.

Sementara, seorang pemulung yang keseharian mengais rezeki di TPSA Ciniru, Saniah (65) membenarkan bahwa dirinya kerap menjumpai limbah bekas penanganan medis.

Saniah mengaku kerap menemukan jarum suntik, APD, sarung tangan, kardus obat dan botol infus yang sudah bercampur dengan limbah rumah tangga.

“Masih jarum suntik juga ada, APD juga ada,” kata dia.

Sebelumnya, temuan bekas limbah medis itu berdasarkan hasil penelurusan di TPSA Ciniru pada Selasa (27/4/2021) pagi. Bedasarkan pengamatan, limbah kategori B3 itu berserakan di sejumlah titik.

Titik pertama misalnya, bekas limbah medis itu berada di pinggir jalan pintu masuk TPSA Ciniru yang terdiri dari sarung tangan, masker, kantong infus, kardus obat dan tempat bekas jarum suntik.

Tak hanya disitu, bekas limbah medis juga ditemukan beberapa meter dari titik pertama. Hanya saja, bekas limbah medis itu tak sebanyak seperti temuan awal. Di titik kedua bekas limbah medis itu hanya masker dan bekas kardus obat.

Kemudian bekas limbah medis itu juga ditemukan dekat tempat pemerataan sampah rumah tangga.

(Wisnu)