Depok, aktual.com – Wageningen University and Research, Belanda menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019.

Pengumuman kampus terhijau dunia ini dilakukan Selasa (3/12) di Balai sidang kampus UI Depok oleh Ketua UI GreenMetric Prof. Dr. Riri Fitri Sari.

Acara tersebut disaksikan oleh Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis, Dr Muhammad Dimyati (Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional RI), dan IrĀ Laksmi Wijayanti, M.CP (Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI).

Sedangkan peringkat kedua kampus terhijau dunia diraih oleh University of Oxford, Inggris dan ketiga University of California Davis, Amerika Serikat.

Pengumuman pemeringkatan juga disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan oleh Perguruan Tinggi di luar Indonesia.

“Greenmetric merupakan inovasi Indonesia yang patut dibanggakan karena mengharumkan nama Indonesia,” kata Muhammad Dimyati.

Ia berharap UI Greenmetric terus dikembangkan dan dipopulerkan di dunia sehingga bisa memberikan warna bagi inovasi dunia.

Sementara itu Prof. Dr. Riri Fitri Sari mengatakan UI GreenMetric telah memperlihatkan kepemimpinan dalam gerakan kampus hijau sedunia yang terlihat dari meluasnya kegiatan UI GreenMetric World University Rankings Network (UIGWURN).

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

“Kita tengah menghadapi permasalahan berkenaan lingkungan hidup yang serius, mulai dari perubahan iklim, bencana alam, kekurangan makanan dan air, dan polusi,” kata Rektor UI.

Terkait permasalahan tersebut, UI mengambil peran untuk meningkatkan upaya keberlanjutan lingkungan hidup di lingkungan global melalui UI GreenMetric.

Penyerahan langsung plakat penghargaan Internasional akan dilakukan di Zanjan bertepatan dengan the 6th International Workshop on UI GreenMetric World University Rankings (IWGM 2020) di University of Zanjan, Iran, 8-10 Juni 2020. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)