Sejumlah siswa Sekolah Islam Terpadu Al Beruni melakukan pawai menyambut bulan suci Ramadan 1437 H di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (3/6). Mereka menyerukan toleransi beragama terutama pada bulan suci Ramadan dan mengajak umat Islam untuk berpuasa pada bulan Ramadan. ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama/16

Makassar, Aktual.com – Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan sekolah Islam telah berhasil membentuk karakter dan akhlak yang baik bagi para generasi muda.

“Sekolah Islam telah berhasil membentuk karakter akhlak baik dan membangun perilaku baik dengan menghapal Al-Quran salah satunya,” jelas Andi Sudirman Sulaiman saat hadir dalam acara wisuda dan penamatan jenjang SMP IT, SMA IT, Tahfizhul Qur’an Sekolah Putri Darul Istiqamah di Ballroom Teater Phinisi UNM, Sabtu (11/5).

Menurut  Wagub, lembaga pendidikan Islam mampu memberi pengaruh terhadap corak dan perilaku masyarakat. Wagub juga memaparkan salah satu program Pemprov saat ini yakni Satu Desa Satu Hafidz.

“Pemprov saat ini sedang melaksanakan program karantina hafidz, dengan tujuan di seluruh Desa di Sulawesi Selatan memiliki tahfidz yang bisa menjadi Imam, pengajar agama di tiap Desa,” ujarnya.

Menurut Andi Sudirman, pendidikan dan Ilmu yang diperoleh merupakan faktor penting dalam membangun karakter dan pola pikir. “Ilmu bisa dicari, orang yang pintar atau orang yang hebat jika disandingkan dengan orang yang baik akhlaknya. Akan menghasilkan karakter yang berbeda, yang baik akhlaknya akan menghasilkan karakter yang baik,” katanya.

(Abdul Hamid)

1
2