Usir Freeport Dari Indonesia (Aktual/Ilst.Nelson)

Papua, Aktual.com-Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Brian McFeeters mengunjungi Papua untuk pertamakalinya. Salah satu tempat yang dikunjungi tak lain adalah PT Freeport Indonesia.

“Saya juga berkesempatan mengunjungi Freeport, meninjau secara langsung bagaimana Freeport beroperasi serta program yang dilakukan untuk provinsi, seperti Cooperate Social Responsibility (CSR), bidang pendidikan dan penduduk serta melihat banyak hal baik yang dilakukan oleh Freeport untuk Papua,” ujarnya, Rabu (16/11).

Selain mengunjui Freeport Brian juga meninjau progres kerjasama AS dengan pemerintah provinsi Papua yang diinisiasi oleh USAID dengan nama program USAID LESTARI.

“Kami juga mempunyai kesempatan untuk mempelajari banyak hal seperti keinginan wakil gubernur (Papua),” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga berkesempatan untuk mengunjungi salah satu universitas di Papua dan membahas mengenai pendidikan yang dapat ditempuh di Amerika Serikat serta informasi mengenai hal tersebut.

“Saya sangat tertarik karena Papua adalah daerah yang sangat indah, produksi pertaniannya dan juga pengelolaan hutan, tanah melalui pelaksanaan program USAID LESTARI,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga tidak bermasalah dengan keamanan di Papua, di mana meskipun nanti Amerika Serikat berganti presiden, kerja sama yang telah terjalin akan tetap dijaga karena Indonesia sangat penting.

()