Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan silaturahmi ke Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Habib Luthfi bin Yahya di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (20/9/2022) sore.

Dalam lawatannya tersebut, Wamentan Harvick tampak berdiskusi dengan Ulama besar Nahdlatul Ulama (NU) itu. Dalam keterangannya, Wamentan turut menyampaikan berbagai perkembangan sektor pertanian Indonesia.

“Saya sowan sekaligus berdiskusi dan melaporkan perkembangan kedaulatan pangan nasional kita,” kata mantan Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.

Wamentan mengatakan, saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pertanian. Selain itu, Kementan juga terus mendorong kepala daerah untuk meningkatkan indeks pertanaman atau produktivitas pertanian.

Wamentan Harvick juga menyampaikan dirinya telah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Dalam setiap kunjungannya, Wamentan meminta pemerintah daerah untuk membangun BUMD yang bergerak di sektor pangan sebagai off taker hasil pertanian.

“Mohon doa dan dukungan Abah (sapaan akrab Habib Luthfi) untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Watimpres, Habib Luthfi bin Yahya mendukung upaya kedaulatan pangan nasional. Sebab menurutnya, kedaulatan nasional akan sulit terwujud jika kedaulatan pangan belum tercapai.

Rais Aam di Jam’iyyah Ahlith Thariqah aI-Muktabarah an-Nahdliyah (JATMAN) ini pun meminta kepada Wamentan untuk membuat Kabupaten Karawang dan Indramayu kembali menjadi salah satu lumbung pangan.

(A. Hilmi)