Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Pertemuan tersebut untuk membahas potensi komoditas pertanian di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai dari hulu sampai ke hilir.

Wamentan Harvick, dalam keterangannya, mendorong potensi komoditas pertanian di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Ciamis, bisa bersaing dalam menopang perekonomian daerah.

“Di masa penuh ketidakpastian saat ini, sektor pertanian masih menjadi andalan perekonomian di daerah. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis perlu mendorong komoditas pertaniannya memiliki daya saing,” kata Wamentan.

Menurut Wamentan Harvick, potensi sektor pertanian Ciamis diharapkan dapat mendukung kedaulatan pangan nasional. Oleh sebab itu, ia meminta agar produktivitas pertanian Ciamis lebih ditingkatkan lagi.

Untuk peningkatan hasil pertanian, Wamentan mendorong agar para petani bisa memanfaatkan teknologi tepat guna. Sehingga mereka terpacu untuk terus mengembangkan pertanian.

“Peningkatan hasil pertanian di Ciamis juga perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sehingga, selain dapat meningkatkan produktivitas, juga diharapkan dapat mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengungkapkan Kabupaten Ciamis memiliki kurang lebih 136.000 hektare sawah dengan hasil yang didapat sekitar 460.000 ton padi atau setara 280.000 ton beras per tahunnya.

Sehingga, hasil panen padi tersebut, daerahnya mampu memberikan sumbangan di tingkat nasional maupun provinsi Jawa Barat sebesar 150.000 ton per tahun.

(A. Hilmi)