Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengunjungi Markas Besar TNI Angkatan Laut di Cilangkap, Jakarta, Rabu (31/8/2022). Kedatangan Wamentan disambut langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono dan Wakil KSAL, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, serta pejabat tinggi TNI-AL lainnya.

Wamentan Harvick menyampaikan kunjungan kerja ini dalam rangka memperkuat sinergitas dengan TNI untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

“Ini dalam rangka memperkuat sinergi dengan TNI untuk mewujudkan kedaulatan pangan dengan pemanfaatan lahan di lingkungan TNI-AL. Adapun komoditas yang akan dikerjasamakan yakni Jagung, Kedelai, dan Sorgum,” katanya di gedung Mabesal.

Wamentan Harvick mengungkapkan sinergitas ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan melakukan penanaman berbagai komoditas pangan.

Penanaman tersebut rencananya dilakukan di lahan milik TNI-AL tepatnya di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor dengan luas lahan mencapai 68 hektar. Selain itu, penanaman juga bakal dilaksanakan serentak oleh seluruh satuan TNI-AL di 135 titik dari berbagai daerah secara virtual.

InsyaAllah jika tidak ada halangan, kami akan mengimplementasikan kerjasama ini dengan melakukan penanaman jagung dan sorgum pada hari Senin (5/9/2022) mendatang. Dan ini dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran TNI-AL di berbagai daerah di 135 titik,” ujarnya.

Wamentan berharap, pemanfaatan lahan milik TNI-AL ini menggenjot produksi pangan nasional, terutama pada komoditas sorgum. Apalagi, tambahnya, sorgum dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gandum yang saat ini tengah krisis akibat konflik bersenjata Ukraina dan Rusia.

(A. Hilmi)