Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi/Foto: Istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi/Foto: Istimewa

Lumajang, Jawa Timur – Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur, meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021. Akibatnya, sebanyak 1.000 warga dari Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang terpaksa mengungsi. Warga lereng Semeru itu mengungsi ke tujuh titik pengungsian yang tersebar.

Bahkan sejumlah fasilitas kesehatan mengalami kekurangan peralatan untuk menangani korban erupsi Gunung Semeru.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi dengan sigap meminta kepada seluruh jajaran di Kementerian Pertanian untuk membantu masyarakat yang terdampak erupsi gunung Semeru.

“Saya instruksikan kepada para pejabat dan jajaran di Kementerian Pertanian untuk bantu masyarakat di sekitar Semeru. Terutama UPT-UPT kita yang terdekat di Jawa Timur, untuk sesegera mungkin melakukan aksi sosial dan advokasi,” ujar Harvick dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12).

Selain itu, Wamentan juga meminta jajarannya untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di daerah lain. Belakangan ini tercatat telah terjadi bencana alam, seperti banjir di Garut, Tasikmalaya, hingga di Kalimantan.

“Kita juga arahkan unit-unit kerja kita di daerah untuk bantu para korban banjir dan lain-lain. Misalnya di Tasik, Garut, dan Kalsel. Insyaallah Kementan hadir untuk bantu masyarkat,”tutur tokoh muda asal Tanah Minang ini.

“Mari kita berdoa semoga Allah SWT menghindarkan kita dari segala musibah dan marabahaya, serta wabah penyakit,” tambahnya.

(A. Hilmi)