Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Wamentan Harvick menyampaikan kunjungan Pj Gubernur Babel ini dalam rangka mendiskusikan program kedaulatan pangan nasional.

“Kehadiran pak Gubernur ini dalam rangka berdiskusi soal bagaimana memperkuat ketahanan pangan dan mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” kata Wamentan Harvick dalam keterangannya.

Wamentan mengatakan Pemerintah Provinsi Babel perlu mengakselerasi program-program yang dicanangkan Kementerian Pertanian, yang bermuara pada peningkatan produktivitas dan pemenuhan kebutuhan pangan.

Sebab menurutnya, hal ini juga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Babel.

“Jadi nanti tidak hanya mendukung kedaulatan pangan, tetapi juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis pertanian,” tuturnya.

Selain itu, Wamentan juga menyarankan agar Provinsi Bangka Belitung untuk menanam jagung dan sorgum. Sebab, kedua komoditas tersebut menjadi salah satu fokus pemerintah dalam menghadapi ancaman krisis global.

Sementara itu, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengungkapkan selain pengembangan pertanian, pihaknya saat ini tengah mengkaji pengembangan peternakan.

“Ke depan kami juga sedang mengkaji klaster peternakan hewan sapi potong di salah satu pulau. Dengan arahan dan bimbingan Kementerian Pertanian, semoga hal ini dapat terwujud,” ujarnya.

(A. Hilmi)