Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat (tengah) saat menghadiri kegiatan Tanam Perdana di Karawang, Jawa Barat/foto: Istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat (tengah) saat menghadiri kegiatan Tanam Perdana di Karawang, Jawa Barat/foto: Istimewa

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (Wamentan RI), Harvick Hasnul Qolbi mengapresiasi tema yang diusung oleh Ikatan Alumni Agroekoteknologi Universitas Ageng Tirtayasa dalam pelantikan dan rapat kerjanya, yakni Kolaborasi Pemerintah dengan Sarjana Pertanian dalam Pembangunan Pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Wamentan mengatakan bahwa pertanian merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan. Apalagi di masa pandemi saat ini, pertanian memiliki peran yang sentral dan kontributif dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

“Pertanian adalah sektor yang sangat potensial, sentral, dan kontributif, apalagi di masa pandemi yang hari ini menimpa kita. Maka, pangan adalah instrumen utama kita dalam ketahanan nasional,” kata Harvick dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (25/7).

Dirinya pun mengajak kepada para sarjana pertanian untuk terus bersinergi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian dalam memajukan sektor pertanian.

Sebab, sektor pertanian ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang akan diwariskan kepada generasi milenial. Oleh karena itu, menurutnya, Indonesia membutuhkan peran anak-anak muda untuk melanjutkan estafet pengelolaan sektor pertanian yang lebih modern.

“Kami menunggu dan membuka pintu sangat lebar kehadiran sarjana pertanian untuk bersinergi dan jalan bersama pemerintah dalam memajukan pertanian kita,” tutur Wamentan.

(A. Hilmi)