Manokwari, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengatakan kehadiran Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) sangat penting dalam mendorong minat petani muda.

Menurut Wamentan Harvick, sektor pertanian tidak melulu soal budidaya atau off farm, namun juga ada hilirisasi yang dapat digarap oleh anak-anak muda. Sebab, hal tersebut dapat memberikan nilai tambah.

“Polbangtan hadir tentu saja untuk menarik minat anak-anak muda untuk berkarir di bidang agriculture. Tidak hanya off farm saja, tetapi juga sektor on farm yakni sampai ke hilirisasi, seperti yang diharapkan oleh Pak Presiden,” kata Wamentan Harvick saat melakukan kunjungan kerja di Polbangtan Manokwari, Papua Barat, Jumat (1/12/2023).

Oleh karena itu, tambah Wamentan, berbagai program yang telah dicanangkan oleh pemerintah harus diikuti juga oleh pengetahuan yang mumpuni di bidang pertanian oleh generasi penerus yaitu anak-anak muda.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengungkapkan, Polbangtan Manokwari memiliki fokus pada pengembangan komoditas perkebunan. Hal ini disebabkan Provinsi Papua Barat memiliki potensi perkebunannya luar biasa.

“Polbangtan Manokwari ini berfokus pada perkebunan. Karena potensi perkebunan di Papua Barat ini cukup luar biasa. Di sini ada Sagu, Pala, Kelapa Sawit, Cengkeh, dan Kelapa Dalam,” ujar dia.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: A. Hilmi
Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan