WASHINGTON, Aktual.com — Warga Amerika Serikat (AS) akan diwajibkan membayar biaya vaksin dan perawatan COVID-19 paling cepat pada Januari 2023, karena Kongres AS sudah hampir kehabisan dana, demikian dilaporkan oleh The Washington Post.

Awal bulan ini, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengumumkan bahwa penjualan vaksin COVID-19 secara komersial, yang sebelumnya didistribusikan oleh pemerintah AS dan ditawarkan secara gratis, dapat dimulai pada awal 2023, sehingga warga Amerika harus mendapatkan vaksin melalui perusahaan asuransi atau membayar sendiri, seperti tertulis dalam laporan itu.

Setelah pembelian federal berakhir, sekitar 8 persen dari populasi AS yang tidak memiliki asuransi kesehatan akan terkena dampak terburuk, lanjutnya.

Bahkan mereka yang memiliki asuransi kesehatan harus mendanai sebagian biaya tersebut dari kocek pribadi, yang merupakan masalah karena biaya hidup di Amerika Serikat tengah melonjak, menurut laporan itu, seraya menambahkan bahwa kemungkinan besar lebih sedikit orang yang memenuhi syarat akan terdorong untuk melakukan vaksinasi keempat.  (Xinhua)

(As'ad Syamsul Abidin)