Solo, Aktual.com – Warga Solo Jawa Tengah turut bahagia dengan dinobatkannya KGPAA Paku Alam X menjadi Wakil Gubernur Yogyakarta, menggantikan Sri Paduka Paku Alam IX.

Sebagian warga Solo menunjukkan kegembiraan itu lewat poster bertulis “Mangayubagya Jumenengan Dalem KGPAA Paku Alam X” di arena Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (10/1).

Salah seorang warga Sumber, Banjarsari, Mulyoto berharap dengan dinobatkannya KGPAA Paku Alam X bisa membawa Yogyakarta menjadi daerah yang lebih maju. Selain itu, bisa menjadi pemimpin rakyat Yogyakarta dan disegani banyak orang.

“Ke depan Yogyakarta bisa lebih maju dan berkembang. Serta mengayomi rakyatnya,” tuturnya kepada Aktual.com di sela-sela membawa poster.

Dia berpendapat, KGPAA Paku Alam X merupakan sosok pemimpin yang bijaksana. Sehingga kewibawaannya serta tanggung jawabnya sebagai seorang wakil gubernur bisa dipertanggungjawabkan kepada seluruh rakyat Yogyakarta.

Warga lain, Triyono mengaku sebagai warga Solo turut berbahagia dengan dinobatkannya KGPAA Paku Alam X menjadi Wakil Gubernur Yogyakarta. Pasalnya, Solo dengan Yogyakarta merupakan daerah yang sama-sama memiliki warisan peninggalan sejarah, yakni keraton.

“Solo dan Yogyakarta itu kan sama-sama mmiliki keraton. Jadi ya sudah semestinya ikut senang karena sepeninggalan Sri Paduka Paku Alam IX, langsung ada penggantinya,” kata warga Laweyan.

()