Lumajang, Aktual.com – Seorang warga yang tertimbun rumpun bambu akibat longsor ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Desa Jugosari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (17/1) petang.

“Satu regu siaga TRC BPBD Lumajang tiba di lokasi kejadian bersama warga dan tim gabungan mengevakuasi korban Slamet Junaedi dengan menggunakan alat manual dan berhasil dievakuasi, namun korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia,” kata Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi dalam laporan tertulis yang diterima di Lumajang, Selasa (17/1).

Slamet Junaedi (54) warga Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang tewas tertimbun rumpun bambu yang tergerus tanah longsor.

Peristiwa tersebut berawal korban Slamet bersama sembilan orang lainnya membenahi saluran air bersih yang sudah lama macet berada di sungai belakang rumahnya, kemudian korban naik ke atas tanggul sungai untuk membersihkan batang-batang bambu yang menjadi penyebab macetnya saluran air.

“Saat korban hendak memotong bambu itu, tiba-tiba rumpun bambu yang dipotong mengalami longsor, sehingga korban terjatuh dan tertimbun longsoran rumpun bambu,” tuturnya.

Teman-teman korban berusaha menolong, namun material rumpun bambu itu sangat rimbun dan sulit untuk melakukan pertolongan sehingga kejadian itu dilaporkan kepada Pemerintah Desa Jugosari dan diteruskan ke BPBD Lumajang.

“Tim gabungan berhasil mengevakuasi dan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa menuju rumah duka untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Kampung Baru, Desa Jugosari.,” katanya.

Patria mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana longsor di beberapa lokasi yang tanahnya kurang stabil dan bencana banjir apabila hujan mengguyur di Kabupaten Lumajang dengan intensitas tinggi.

(Wisnu)