Jakarta, Aktual.co — Wakil Sekretaris Jenderal II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Ganjar Razuni berharap, jika Menteri Pemuda dan Olahraga di era pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, merupakan seorang figur yang memahami betul seluk-beluk dunia pemuda dan olahraga.

Dikatakan oleh Ganjar, Menpora nantinya harus mempunyai empat kriteria. Pertama adalah sosok figur yang memiliki jam terbang, yang mumpuni di bidang pemuda dan olahraga. Figur tersebut juga harus mengetahui aspirasi dan seluk-beluk dunia olahraga.

Kedua, mempunyai kemampuan dalam manajemen pemerintahan. Ketiga, sebaiknya dia juga seorang akademisi, akademisi yang paham dengan dunia kemahasiswaan, dan yang keempat adalah memiliki pengalaman birokrasi dan mempunyai hubungan baik dengan komisi di DPR.

“Harapan saya sebagai masyarakat olahraga, yang kesehariannya juga bergaul dengan olahraga, sebaiknya figur yang sangat memahami kedua bidang tersebut. Menpora nantinya dituntut untuk bisa merangkul pemuda dan insan olahraga di Indonesia,” tutur Ganjar ketika ditemui Aktual.co di kantornya, Jakarta, Rabu (22/10).

Selain itu, dikatakan Ganjar, satu hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah, bagaimana Menpora bisa mengubah paradigma olahraga menjadi penggerak ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Tiga faktor sebuah negara bisa dibilang maju adalah ekonomi, sistem pertahanan dan prestasi olahraga. Selian itu, Menpora nantinya juga harus membangun sistem manajemen nasional di bidang olahraga,” terangnya.

Dijelaskan oleh pria yang telah dua periode menjabat sebagai anggota KONI, Menpora nantinya harus dapat membuat kebijakan jangka pendek, menengah dan jangka panjang, dengan piranti-piranti yang dijabarkan secara menyeluruh.

()

()