Jakarta, Aktual.com — Sering kali kita mengalami kesemutan di bagian tangan atau kaki. Kesemutan yang sering dialami biasanya diakibatkan karena duduk bersila terlalu lama atau kaki yang tertindih sesuatu.

Namun demikian, bila kesemutan terjadi bukan karena hal di atas, maka perlu diwaspadai bahwa ada suatu penyakit yang mungkin sedang menganggu saraf Anda.

Apa saja penyakit yang ditandai dengan kesemutan. Berikut, Aktual.com sajikan ulasannya:

1. Diabetes
Diabetes merupakan penyebab tersering neropati perifer dimana gejala utamanya yaitu, rasa kesemutan. Pada penyakit neuropati diabetes rasa kesemutan muncul pertama kali di jari-jari dan akan naik ke kaki. Terkadang juga muncul di area tangan.

2. Multiple Sclerosis
Penyakit yang mempengaruhi otak sumsum tulang belakang menyebabkan kelemahan koordinasi, kesulitan keseimbangan, dan masalah saraf lainnya.

3. Kekurangan Vitamin
Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan vitamin esensial untuk kesehatan syaraf. Kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menyebabkan gangguan syaraf sehingga bisa muncul keluhan kesemutan.

4. Efek Samping Obat
Kesemutan juga bisa disebabkan karena pemakaian obat keras seperti yang digunakan untuk kemoterapi, obat HIV, antibiotik metronidazol (atau obat pencegah kejang).

5. Alkohol
Jika Anda mengonsumsi alkohol teralu banyak, tentunya akan merusak saraf Anda. Dan, hal tersebut ditandai dengan kesemutan

6. Stroke
Kesemutan juga menjadi pertanda stroke menyerang, lantaran sumbatan aliran darah ke otak terhambat sehingga banyak kerusakan saraf yang akan terjadi di tubuh Anda.

Oleh sebab itu, kami sarankan jagalah pola makan dan rajin berolahraga agar penyakit terhindarkan dan Kesemutan bisa di atasi. Namun bila Kesemutan masih sering mengganggu, ada beberapa tips atasi kesemutan.

Bila kesemutan Pada tangan lakukan hal berikut:
1. Posisikan tangan anda pada posisi yang nyaman.
2. Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan Anda.
3. Jika terjadi kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kiri Anda.
4. Dengan cara ini kesemutan yang anda rasakan seperti rasa tertusuk-tusuk apa lagi saat posisi tangan dipindahkan akan hilang, yang tertinggal hanyalah rasa kebas dan itu rasanya tidak menyiksa.
5. Cukup diamkan sampai aliran darah normal kembali dan rasa kebasnya berangsur menghilang.

Jika kesemutan pada kaki Anda, maka,;
1. Posisikan kaki pada posisi yang nyaman.
2. Jika kesemutan terjadi pada kaki kanan maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kiri Anda.
3. Jika kaki yang kesemutan adalah kaki kiri anda maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kanan anda.
4. Setelah melakukan hal itu insya Allah rasa kesemutan seperti tertusuk-tusuk jarumnya akan hilang dan hanya tertinggal rasa kebas.
5. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.

()

()