Jakarta, Aktual.com — Menyambut perhelatan Asian Games 2018 mendatang, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, mengaku, bahwa pihaknya sedang merenovasi beberapa tempat. Salah satunya, stadion Gelora bung Karno (GBK) Jakarta.

“Dari anggaran Kemenpora 2015 sebesar Rp3,3 Triliun di antaranya Rp500 miliar untuk renovasi GBK. Renovasi dimulai pada januari 2016,” beber Imam, kepada pewarta, saat acara ‘Refleksi Akhir Tahun’ Kementrian Pemuda dan Olahraga, di Jakarta, Senin (28/12)

Dikatakan Imam, bahwa renovasi GBK nantinya akan berbentuk ‘Moderate Plus’, yaitu menambah bangunan baru namun tetap mempertahankan unsur keasliannya.

“Renovasi GBK nantinya berbentuk moderate plus, yaitu renovasi dengan beberapa pembangunan baru. Namun, tetap mempertimbangkan keaslian bangunan karena kawasan GBK termasuk dalam cagar budaya,” jelas Imam lagi.

Sementara itu, adanya usulan konsep ‘Moderate Plus’ ini dikatakan oleh Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewabroto, merupakan usulan dari Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg), Pratikno

“Pembangunan konsep moderate adalah usulan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Beberapa venue di GBK akan disesuaikan dengan standar internasional dari Komite Olimpiade Asia (OCA),” ujar Gatot menambahkan.

Ia kembali menerangkan, terkait renovasi GBK, Presiden Jokowi juga tak ingin GBK hanya sekedar dirapihkan saja.

“Presiden Jokowi tidak mau kami hanya sekadar merapikan GBK seperti tahun 1962. Jadi harus benar-benar tampil beda,” ungkap Gatot.

Salah satu yang akan direnovasi nantinya adalah dirombaknya bangku penonton yang akan diganti menggunakan bangku tunggal bernomor.

()