Simon Yates/Antara
Simon Yates/Antara

Jakarta, Aktual.com – Simon Yates dari Team BikeExchange menjuarai etape 19 balap sepeda Giro d’Italia sehingga memendekkan selisih dengan pemimpin klasemen umum Egan Bernal yang finis urutan ketiga dalam etape pegunungan terakhir sehingga menguatkan cengkeramannya di puncak klasemen.

Yates finis 11 detik di depan Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) dalam etape sejauh 176 kilometer dari Abbiategrasso ke Alpe di Mera, sedangkan Bernal yang memperkuat tim INEOS Grenadiers berselisih 28 detik di belakangnya untuk tetap menjadi Maglia Rosa (memuncaki klasemen Giro d’Italia).

Yates melancarakan serangan tunggal pada 6,5 kilometer terakhir yang meninggalkan Almeida dan Bernal untuk menjuarai tanjakan itu dan membuat dia berkesempatan menempati urutan kedua dalam klasemen umum.

“Saya sungguh bahagia, tim telah menuntaskan kerja luar biasa sejak awal etape, sungguh upaya tim yang fantastis dan saya senang telah menuntaskannya. Saya ingin sekali menjuarai etape di Giro ini,” kata Yates seperti dikutip Reuters.

Damiano Caruso (Bahrain Victorious) finis empat detik di belakang Bernal tetapi tetap menduduki urutan kedua dalam klasemen umum di depan Yates yang menempati urutan ketiga.

Bernal berada 2 menit 29 detik di depan Caruso dan 2 menit 49 detik menjelang etape ke-20 Sabtu ini yang menempuh jarak 163 kilometer dari Valle Spluga ke Alpe Motta.

(Diva Ladieta)

(A. Hilmi)