Belajar Al-Quran Online

Jakarta, Aktual.com -Jika teknologi dapat membuka peluang mendatangkan pahala, mengapa tidak dimanfaatkan sebaik mungkin? Salah satunya dengan cara belajar Al-Quran online.

Bahkan sejak sebelum pandemi, tren ini sebenarnya sudah mulai populer. Alasannya karena praktis dan efisien sehingga umat bisa melakukannya dari mana saja.

Lagi pula belajar Al-Quran bukan hanya sekadar membacanya. Selain mengetahui lafal, Anda juga harus memahami maknanya serta etika yang diajarkan di dalamnya.

Kemudahan Belajar Al- Quran Online

Ada bermacam-macam metode belajar agama di internet, termasuk memahami Al-Quran dari situs web. Akan semakin afdal apabila ada seorang guru yang membimbing Anda. Berikut beberapa kemudahan dari belajar Al-Quran online.

1. Praktis dan Ringkas

Al-Quran tersedia dalam bentuk saku dengan ukuran beberapa sentimeter saja. Kelemahannya, ukuran hurufnya semakin sulit dibaca karena sangat kecil.

Untungnya ada Al-Quran onlineyang lebih praktis dan ringkas. Anda tidak perlu membawa buku fisiknya melainkan cukup membukanya dari gadget.

Kalau hurufnya kurang jelas, tinggal usap layar untuk memperbesarnya. Mencari surat atau ayat pun jadi lebih cepat dan mudah.

Selain dalam bentuk aplikasi Anda juga bisa mengakses versi webnya. Selama HP terhubung ke internet, Al-Quran onlineakan selalu standbydi genggaman Anda.

2. Lengkap dengan Terjemahan

Jika Anda ingin belajar membaca Al-Quran sekaligus memahami artinya, pilihlah kitab yang ada terjemahannya.

Pasalnya tidak semua Al-Quran fisik memiliki artian bahasa Indonesia, apalagi yang ukuran saku. Kalaupun ada, harganya mungkin agak lebih mahal.

Solusinya adalah menggunakan Al-Quran online, di mana rata-rata sudah lengkap dengan terjemahan sekaligus aksara latin lafalnya.

Ini cocok sekali buat para santri digital yang sedang belajar. Jadi selain bisa tahu bagaimana cara membacanya, Anda juga paham makna dari setiap ayatnya.

3. Tafsir untuk Setiap Ayat

Buku tafsir biasanya lumayan tebal, jadi mungkin cukup repot kalau hendak membawanya saat bepergian.

Namun dengan kitab onlineini, aksesnya jadi lebih mudah. Salah satunya seperti www.tafsirweb.com, situs web Al-Quran lengkap dengan terjemahan dan tafsir lengkap 30 juz.

Apakah sumbernya terpercaya? Dari keterangannya, situs ini menggunakan rujukan ulama dan kitab tafsir terpercaya sehingga hasilnya akurat.

Sebagai contoh, TafsirWeb mengambil sumber dari Kemenag RI, Tafsir al-Muyassar, al-Mukhtashar, dan sebagainya.

Untuk membukanya tinggal klik nomor ayat lalu baca penafsiran ayat dari berbagai sumber.

4. Fitur-fitur Lengkap Lainnya

Selain lafal Al-Quran, terjemahan, latin, dan tafsir, ada juga juga beberapa fitur pelengkap. Ini adalah pendukung supaya aplikasi atau situs webnya lebih bermanfaat bagi siapapun yang ingin belajar.

Di Al-Quran onlinebiasanya terdapat fitur hadist, doa sehari-hari dan artikel tentang islam. Jadi, sambil mengaji Anda juga sekaligus bisa mengupgradepengetahuan dari bacaan-bacaan di sana.

Hukum Membaca Al- Quran dari Gadget

Belajar agama dari sumber-sumber non-konvensional memang tidak diutamakan.

Lantas, apakah membaca Al-Quran dari gadget seperti HP atau laptop sah menurut pandangan Islam?

Kebanyakan ulama sepakat bahwa tadarus dari HP dan sejenisnya hukumnya mubah atau boleh. Namun sebaiknya sebelum melakukan itu Anda tetap berwudhu dulu.

Ini karena artinya HP termasuk mushaf, benda yang di atasnya tertulis huruf-huruf Al-Quran untuk belajar.

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” (QS. Al-Waqi’ah ayat 79).

Belajar Alquran Online Gratis

Apakah aplikasi dan situs web belajar Al-Quran ini gratis? Ya, semuanya benar-benar gratis termasuk di TafsirWeb. Anda bisa mengakses semua ayat dan fitur-fiturnya tanpa harus daftar dan login.

Tujuan situs ini memang sebagai media belajar Al-Quran onlinebagi siapapun. Harapannya selain lancar membaca, Anda juga dapat memahami tafsirnya serta mengamalkannya dalam kehidupan.

(Advertorial)

(Nurman Abdul Rahman)