Banda Aceh, Aktual.co – Puluhan truk ekspedisi yang mengangkut kebutuhan bahan pokok, material dan lain sebagainya dari Banda Aceh menuju Aceh Jaya, kini tertahan di kawasan Lhok Seudu Aceh Jaya. 

Pasalnya, pembersihan jalan dari material batu gunung di kawasan itu belum selesai seluruhnya. Hanya truk jenis colt diesel saja yang bisa melintas di jalan tersebut.‎

‎Ketua Posko Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Lhok Seudu, Bobby Syahputra menyebutkan saat ini pembersihan jalan lintas itu sedang dilakukan. Diharapkan, pembersihan bisa selesai dikerjakan, sehingga truk ekspedisi tersebut bisa menuju Aceh Jaya dan Aceh Barat.

‎Selain itu, sambung Bobby, stok makanan untuk pengungsi di Kabupaten Aceh Jaya masih aman. Saat ini, tercatat 14.500 warga dari sembilan kecamatan di Aceh Jaya masih mengungsi.

‎“Stok beras kita saat ini 15 ton dari Dinas Sosial Aceh. Selain itu, ada dua truk lagi dari Banda Aceh menuju Aceh Jaya untuk membawa suplai makanan korban banjir,” sebut Bobby.

‎Sementara itu, Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Mahyuzar  mengimpai pengguna jalan agar berhati-hati saat melintas di kawasan bekas longsor dan banjir. Pasalnya, jalan sangat licin dan rawan kecelakaan.

‎”Kondisi jalan sangat licin hal tersebut disebabkan karena sisa material lumpur yang diperparah lagi dengan aliran air yang lumayan deras. Untuk itu, kami himbau para pengendara harus ekstra hati-hati dan tetap waspada,” tambah Mahyuzar.

‎Selain itu, sambung Mahyuzar, tim BPBA kini sedang berusaha menembus kawasan terendam banjir di Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Di kecamatan itu, tiga desa terendam banjir dan hingga kini masih sulit ditembus oleh tim BPBD. “Kita terus berupaya menembus kawasan terparah lokasi banjir.