Jakarta, Aktual.com – Anggota komisi IX Irma Suryani Chaniago menyesalkan aksi mogok kerja yang dilakukan 1000 karyawan PT Freport Indonesia (PT FI).

Menurut Irma, dalam kasus ini PT Freeport Indonesia harus segera memfasilitasi penyelesaian masalah tersebut. Bahkan, kata dia, Menteri tenaga kerja Hanif Dhakiri harus turun tangan membantu menyelesaikan.

“Karena kalau yang turun setingkat Dirjen sering tidak digubris. Dan juga jika tiba-tiba pemerintah langsung beri peringatan lucu juga kan,” ujar Irma di Jakarta, Kamis (6/10).

Ketua DPP Partai Nasdem ini pun meminta agar Menaker keras kepada PT Freeport Indonesia, sama seperti saat Hanif melakukan sidak ke perusahaan pengerah TKI swasta Elkari Makmur Sentosa dua tahun lalu. Kala itu menaker sampai melompat pagar untuk melihat keadaan pekerja.

“Kan baru satu kali lompat pagar selama 2 tahun, kami kangen lompatan ke-2 dan ke-3 Pak menteri. Agar masalah seperti ini dapat terselesaikan,” tegas Irma.

“Menteri tidak boleh takut dong. Kalau menteri takut tegakkan regulasi ya hancur negeri ini. Lagi pula saya kira mereka akan patuh jika menteri kita turun langsung,” tambahnya.

Seperti diketahui, seribu karyawan PT Freeport menggelar aksi mogok kerja. Aksi Mogok tersebut berlangsung sejak 28 September lalu.

 

*Nailin

Artikel ini ditulis oleh: