Jakarta, Aktual.co – Tensi politik di negeri ini sempat menurun pascapertemuan Joko Widodo dengan rivalnya dalam Pemilihan Presiden 2014 kemarin, yakni Prabowo Subianto.

Akan tetapi, peluang tensi politik akan naik kembali dalam kontestasi paripurna soal pembagian pimpinan komisi dan alat kelengkapan DPR, yang akan digelar siang ini, pukul 14.00 WIB.

‎Demikian disampaikan oleh pengamat politik dari PolcoMM Institute, Heri Budianto dalam acara diskusinya, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (21/10).

‎Namun, Heri berharap tidak ada saling curiga walau tensi politik itu akan naik lagi.

‎”Sekarang mudah-mudahan tidak ada curiga. Walau ada ganjalan, janganlah terlalu besar. Paripurna pimpinan komisi sepertinya akan voting lagi,” ucap dia ketika memprediksi situasi politik kekinian.

‎Tidak hanya itu, sambung dia, bila dicermati hampir semua politisi, khususnya yang berada di luar pemerintahan senada akan mengatakan akan menjalankan peran parlemen di pemerintahan. Misalnya, mendukung program yang pro rakyat dan menolak yang dianggap tidak pro kepada rakyat.

‎Nah, menurut dia, ini akan menjadi kontestasi baru dimana politisi akan menggunakan isu terkait program yang bersentuhan langsung dengan rakyat sebagai panggung politik baru.

‎Sehingga, akan terlihat mana yang memang benar-benar pro rakyat dan mana yang tidak.

‎”Biasanya untuk isu sensitif parpol ingin dikesankan berpihak ke rakyat. Kita lihat mana yang konsisten berpihak kepada rakyat, mana yang tidak,” pungkas dia.

(Novrizal Sikumbang)