Makassar, Aktual.com – Pemadaman api di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) di Tamangapa Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung 15 jam dan menyisakan polusi asap hingga meluas ke pemukiman warga di sekitar TPA setempat maupun merambat ke sebagian wilayah Kabupaten Gowa, Senin (16/9).

Selain itu, kabut asap sisa pembakaran memenuhi di sepajang jalan Aroepala (Hertasning Baru) hingga di jalan Yasin Limpo membuat jarak pandang pengendara menjadi tergangu.

Bahkan asap menyebar ke pemukiman warga hingga beberapa masjid di wilayah sekitar menyampaikan imbauan melalui pengeras suara kepada warga agar terus waspada, dan tetap mengunakan masker pengaman, mengingat asap tersebut membawa polusi.

Asap juga menggangu aktivitas sebagian warga di bagian timur kota tepatnya wilayah Kecamatan Manggala dan Panakukang sejak malam tadi. Kabut asap mengepul di jalanan hingga jarak pandang berkurang.

Kebakaran tersebut terjadi Minggu siang 15 September, sampai Senin subuh 16 September 2019. Sijago merah membakar empat blok gunung sampah berada di TPA tersebut. Sebanyak 30 unit kendaraan pemadam kebakaran secara bergantian diterjunkan untuk memadamkan api.

Sebanyak empat blok Tempat Penampungan Akhir (TPA) di tempat itu hangus terbakar. Kebakaran terjadi sejak Minggu, 15 September 2019, siang pukul 13.30 dan terus meluas ke blok lain. Beruntung api berhasil dikuasai pada Senin subuh pukul 04.55 WITA.

(Abdul Hamid)