Jakarta, Aktual.com — Sutradara Hollywood ternama Amerika Serikat, Michael Moore sudah memulai kampanye melawan calon Presiden AS, Donald Trump yang telah menyerukan larangan terhadap seluruh umat Islam memasuki negara Adidaya tersebut.

Di luar Trump Tower di kota New York, AS pada 17 Desember lalu, Moore berdiri dengan membawa secarik kertas (plakat kertas) yang bertuliskan, “Kita Semua Muslim”.

Sutradara Hollywood 1

Dia berdiri di sana hingga polisi AS dan FBI datang serta mengusirnya untuk pergi. Selanjutnya, Moore menulis surat kepada Donald Trump, di mana surat itu di-posting di dinding Facebook-nya.

Dalam suratnya, Moore menceritakan kejadian saat ia bertemu Trump, beberapa waktu yang lalu, saat talk show di mana kandidat Presiden AS dari Partai Republik itu seringkali ‘gelisah’ dan ‘gugup’. Serta tentang berbagi panggung dengan dirinya.

Sutradara Hollywood 3

Dia melanjutkan, dengan mengkritik Trump dalam pernyataan kontroversial-nya melarang Muslim masuk ke Negeri Paman Sam.

“Delapan puluh satu persen dari pemilih yang akan memilih Presiden AS tahun depan, baik itu perempuan, orang kulit berwarna, atau orang-orang muda antara usia 18 dan 35 tahun. Dengan kata lain, bukan Anda (Donald Trump). Dan, warga Amerika menginginkan Anda (Trump) tidak memimpin negara ini (Amerika),” tulis pria yang juga berprofesi sebagai politikus tersebut dengan nada kritis.

Aktivis sosial itu juga meminta Trump untuk melarang dirinya dalam pertemuan pertama, jika Trump ingin melarang Muslim ke AS.

Sutradara Hollywood 4

“Sama seperti kita, baik itu orang keturunan Meksiko, Katolik dan Yahudi dan kulit putih atau kulit hitam atau kulit berwarna. Kita semua anak-anak Allah (atau alam atau apa pun yang Anda percaya, red), bagian dari keluarga manusia, dan apa pun yang Anda (Trump) katakan atau lakukan tidak bisa mengubah fakta sedikit pun. Jika Anda tidak suka hidup dengan aturan-aturan di Amerika, maka Anda perlu untuk pergi ke ruang waktu dalam salah satu ke dalam Towers Anda, duduk di sana, dan berpikir tentang apa yang Anda katakan.” (Sumber: Indian Express, Washington Post)

Artikel ini ditulis oleh: