Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memberikan klarifikasi terkait isu bebas visa untuk warga Israel, di Jakarta, Selasa (22/12). Rizal mengatakan bebas visa bagi warga Israel tidak masuk dalam daftar, dan Pemerintah sepakat untuk mencoret Israel dari 84 negara yang bebas visa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/15

Jakarta, Aktual.com — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengatakan harga bahan bakar minyak (BBM) memang sudah waktunya turun menyusul rencana pemerintah menurunkan harga BBM bersubsidi untuk Januari 2016.

“Saya kira sih memang sudah waktunya (turun) karena harga energi di dunia terus merosot,” katanya di Jakarta, Rabu (23/12).

Menurut dia, ada sejumlah alasan mengapa penurunan harga BBM sudah saatnya dilakukan.

Pertama yakni karena harga energi di dunia yang saat ini tengah merosot. Harga minyak dunia bahkan anjlok hingga di bawah 40 dolar AS per barel. Harga tersebut diklaim sebagai harga terendah sepanjang 11 tahun terakhir.

Alasan kedua, yaitu karena peningkatan suplai yang tidak dibarengi oleh permintaan yang berkurang akibat perlambatan ekonomi global.

“Dan ketiga, yang juga sangat penting, adalah temuan ladang minyak besar di utara Rusia. Cadangannya sangat besar sekali dan itu punya pengaruh terhadap harga minyak mentah,” katanya.

Dengan alasan-alasan tersebut, lanjut Rizal, maka sudah sepantasnya pemerintah menurunkan harga BBM.

“Soal berapa (penurunannya) masih dalam diskusi,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan