Biak, Aktual.com – Arus penumpang kapal di pelabuhan laut Kabupaten Biak Numfor, Papua menjelang H-1 hari raya Natal 25 Desember 2015 mengalami peningkatan dibanding waktu keberangkatan hari biasanya.

Data diperoleh di posko angkutan Natal KP3 Biak jumlah penumpang yang berangkat dengan KM Dempo tujuan Biak-Jayapura hingga mencapai 800-an sedangkan di hari biasa sebelum Natal mencapai 300-an penumpang.

Peningkatan penumpang di pelabuhan Biak sangat tampak karena areal pelabuhan penuh sesak dengan calon penumpang yang akan berangkat ke Jayapura untuk merayakan hari raya Natal bersama keluarga.

Sementara itu, arus penumpang kapal perintis jelang H-1 Natal juga melonjak drastis untuk tujuan pulau Numfor dan Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Pada hari biasa arus penumpang kapal perintis hanya berkisar 40-50-an penumpang namun saat menghadapi hari raya Natal 25 Desember dan menyambut tahun baru 1 Januari 2016 mencapai dua kali hingga 100-an orang.

Petugas operasional layanan kapal perintis Sem Swabra mengakui setiap tahun menghadapi hari raya Natal dan tahun baru arus penumpang kapal perintis mengalami lonjakan dibanding waktu keberangkatan hari biasanya.

“Penumpang kapal perintis akan diberangkatkan sesuai rute tujuan dan jadwal keberangkatan dari pelabuhan laut Biak,” ungkapnya, Kamis (24/12).

Hingga Kamis pagi aktivitas pelayanan angkutan kapal laut di pelabuhan laut Biak masih berjalan normal melayani kebutuhan warga.

(Ant)

()