Jakarta, Aktual.com — Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono berharap Komisi Pemberantasan Korupsi ke depan, bisa bersinergi dengan penegak hukum lainnya, baik kepolisian maupun kejaksaan.

“Kita memiliki harapan yang tinggi terhadap KPK. Kita ingin negara kita makin bersih. Sistemnya bersih. KPK adalah tulang punggung untuk itu,” ujar SBY seusai menghadiri peresmian gedung baru KPK, Selasa (29/12).

SBY juga berharap, KPK dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional, tidak tebang pilih dalam memberantas korupsi, dan menjadi lembaga yang semakin kuat.

Tak hanya SBY, hadir pula Presiden ketiga yakni BJ Habibie serta Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Peresmian gedung baru KPK oleh Presiden Jokowi dilaksanakan pada Selasa (29/12) di Jalan Kuningan Persada, Kav. 4, Jakarta, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun KPK ke-12 pada 29 Desember 2015.

Habibie, SBY, dan Jokowi serta Mantan Wakil Presiden Hamzah Haz bertemu pada kesempatan tersebut dan sempat tampak berbincang berempat. Hadirnya para tokoh tersebut menjadi penanda dukungan yang luar biasa terhadap lembaga yang beroperasi di bawah UU Nomor 30 Tahun 2002 itu.

Peresmian Gedung Baru KPK sekaligus peringatan 12 tahun lembaga tersebut tampak menjadi salah satu agenda penting bagi banyak pihak termasuk Presiden Jokowi. Presiden Jokowi bahkan meluangkan waktu khusus untuk kembali ke Jakarta di tengah rangkaian kunjungan kerjanya dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2016 ke Indonesia Timur.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu