Sanggau, Aktual.com — Anggota DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) melakukan dialog dengan pedagang pasar tradisional di Sanggau Kapuas, Kalimantan Barat, Jumat (8/1).

Dalam kunjunganya itu, Oso bertanya bagaimana hasil penjualan pedagang selama ini, seperti yang ditanyakan kepada Idah (40) selaku pedagang ikan salai dan kering.

“Gimana, penjualannya? Berapa ikan salai disini harganya baik tidak?,” tanya Oso, di Pasar Sanggau Kapuas.

Idah yang terlihat sedikit canggung lantaran ramainya orang, hanya menjawab jika penjualannya mengalami pasang surut.

“Kalau lagi ramai baik, sekarang agak sepi pak,” jawab Idah.

“Berapa penghasilanmu sebulan?’, tanya Oso kembali.

“Hampir 20 juta pak,” sahut Idah.

Setelah berdialog dengan Idah, Oso yang kembali melanjutkan perjalanan dengan muka tersenyum lantaran mendengar keterangan Idah, menyempatkan diri membeli ikan sebanyak satu tampah.

Oso yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI itu kembali menyambangi pedagang lainnya, dari pedagang ayam potong hingga penjual daging, dan menyempatkan bercengkrama dengan masyarakat sebagai pembeli.

Tidak hanya itu, didamping Bupati Sanggau Paolus Hadi, Oso juga melihat dermaga pasar yang akan dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

“Ini pak, dermaga pasar di sungai Kapuas yang akan kita bangun,” kata Paolus kepada Oso, di Pasar Sanggau Kapuas.

“Ini seharusnya dilebarkan jalan (pintu masuk) nya ke dermaga (lantaran pintu masuk diapit dua kios pedagang),” saran Oso agar akses masuk tidak menyulitkan pengguna jalan yang keluar masuk.

“Iya pak, karena ini tanah Pemda kami akan fikirkan, karena hampir semua pedagang pasar tradisional di sini sudah turun temurun,” pungkas Paolus lagi.

()