Jakarta, Aktual.com — Aston Villa mengalahkan Crystal Palace dengan skor 1-0 untuk meraih kemenangan perdana di Liga Utama Inggris sejak Agustus, sedangkan gol larut dari Paul Dummett memberikan hasil imbang 3-3 bagi Newcastle United yang menjamu Manchester United pada Selasa (12/1).

Gol tandukan kepala Joleon Lescott di babak kedua, yang lepas dari genggaman kiper Wayne Hennessey, memberi kemenangan perdana bagi pelatih Villa Remi Garde, kemenangan perdana di kandang sendiri bagi klub juru kunci pada musim ini, dan mengakhiri laju 19 pertandingan tanpa kemenangan.

Gol Rooney pada menit ke-79, gol keduanya di pertandingan ini, membawa United unggul 3-2 di markas Newcastle, namun Dummett mengemas gol pada menit terakhir untuk membawa tuan rumah yang terancam degradasi mampu bangkit dari ketertinggalan 0-2.

West Ham United naik ke atas Manchester United untuk menduduki peringkat kelima, setelah bangkit dari tertinggal satu gol untuk menang 3-1 di markas Bournemouth, Enner Valencia membukukan dua gol untuk tim asal London itu.

Villa, yang masih terpaut delapan angka dari zona aman, mendapatkan kemenangan berharga ini ketika Hennesey membiarkan upaya Lescott pada menit ke-58 lolos dari genggaman tangannya.

Tim tuan rumah terlihat akan kemasukan gol setelah mereka dipaksa berjuang keras selama 90 menit, ketika upaya pemain Villa Wilfried Zaha mengenai tiang gawang Villa pada fase awal pertandingan, namun pasukan Garde mampu mempertahankan kemenangan.

Para pemain Villa, yang dicemooh oleh para penggemar mereka sendiri setelah bermain imbang dengan tim strata keempat Wycombe Wanderers di Piala FA pada akhir pekan, kali ini mendapatkan sambutan “standing ovation” ketika mereka meninggalkan lapangan.

“Kami begitu banyak menderita dalam pekan-pekan sebelumnya dan hari ini kami sangat gembira. Tentu saja para pemain memperlihatkan kebanggaan dan kami layak untuk menang,” kata Garde kepada Sky Sports.

Perasaan enak “Ini merupakan perasaan yang enak untuk merasakan para penonton berada di belakang para pemain, ini sangat penting. Kami tidak boleh bergembira terlalu lama — kami harus menindak lanjutinya.” Newcastle masih berada di zona degradasi, tertinggal satu angka dari tim peringkat ke-17 Swansea City, namun pelatih Steve McClaren gembira timnya mampu memperlihatkan “seperti apa kami ini.” Pasukan McClaren tertinggal 0-2 setelah Rooney mengonversi penalti pada menit kesembilan, dan menyodorkan operan untuk Jesse Lingard menyusul pergerakan serangan balik.

Aleksandar Mitrovic memberi umpan untuk Georginio Wijnaldum untuk membukukan satu gol balasan sebelum turun minum.

Pemain asal Serbia Mitrovic kemudian menyamakan kedudukan dari titik putih, ketika Chris Smalling melakukan pelanggaran dengan mendorong pemain lawan.

Penyelesaian Rooney membawa United kembali memimpin namun Dummett menyarangkan bola ke gawang dari tepi kotak penalti, untuk membawa timnya mendapatkan satu angka.

“Orang-orang berkata Manchester United membosankan dan kami kurang berkarakter, namun kami terus berjuang sampai akhir dan kami mendapatkan gol yang terasa seperti kemenangan,” kata McClaren.

“Orang-orang berpikir ini akan (berakhir) 0-0 dan ini merupakan (hasil) klasik yakni 3-3.” Dimitri Payet mengawali kebangkitan West Ham di markas Bournemouth, setelah mereka tertinggal dari gol Harry Arter di babak pertama.

West Ham kehilangan penyerang Andy Carrooll karena cedera pada awal pertandingan, namun Payet mampu menyamakan kedudukan pada babak kedua dengan tendnagan bebasnya.

Gelandang Prancis itu kemudian memberi umpan untuk Valencia untuk mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-75, dan penyerang Ekuador itu memanfaatkan tendangan bebas untuk mengunci kemenangan timnya sembilan menit kemudian.

Pemuncak klasemen Arsenal akan berhadapan dengan Liverpool pada Rabu, sedangkan tim peringkat kedua Leicester City melawat ke markas Tottenham Hotspur.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara