Mamuju, Aktual.com – Jajaran Polres Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat, kini mengamankan 1 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal dengan menggunakan jerigen.

“Kami telah mengamankan sebuah mobil kijang DN 484 BA berwarna hijau karena diduga kuat telah mengangkut BBM ilegal dengan jumlah sekira 1 ton,” kata Kapolres Mamuju Utara AKBP Raspani S.IK saat melakukan operasi cipta kondisi di Matra, Minggu (17/1).

Menurut dia, mobil kijang telah dirancang khusus untuk mengangkut BBM. Apalagi, sopir, Muslimin selaku pemilik kendaraan terlihat gugup saat dimintai keterangannya.

“Untuk sementara kita amankan kendaraan dan muatan BBM nya. Kita akan sidik lebih lanjut terkait muatan BBM yang diduga ilegal ini,” katanya.

Meski pemilik kendaraan mengakui telah dilengkapi surat rekomendasi dari dinas ESDM, namun jajaranya masih menunggu hasil pemeriksaan dari penyidik, apakah BBM tersebut sudah sesuai peruntukannya atau tidak.

“Aparat kami pun akan berkordinasi dengan pihak ESDM terkait lahirnya rekomendasi tersebut,” terang Raspani.

Respani, meminta agar SPBU yang ada di Matra tidak melayani pemeblian jerigen apabila tidak mengantongi rekomendasi yang jelas.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara