Ilustrasi - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara.

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mempersiapkan 225 ribu formasi untuk lulusan baru atau “fresh graduate” yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara, sebagai bagian dari seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

“Jadi kurang lebih 225.000 totalnya untuk ‘fresh graduate’ di pemerintah pusat. Nah untuk ‘fresh graduate’ di pemerintah pusat ini peruntukannya adalah di IKN,” kata Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Azwar menjelaskan bahwa calon ASN yang diterima dalam CASN 2024 sudah mengetahui bahwa formasi untuk pemerintah pusat akan berkantor di IKN Kalimantan Timur.

“Dari sekarang sejak diumumkan, dia sudah untuk IKN, sehingga suatu saat apakah tahun depan, dua tahun lagi, tiga tahun lagi, mereka pindah ke IKN, mereka mestinya langsung pindah,” tambah Azwar.

Presiden Joko Widodo meminta pemindahan ASN ke IKN disiapkan secara komprehensif. Dari total 9.000 ASN, termasuk TNI dan Polri, 6.000 ASN lintas kementerian/lembaga siap pindah sebelum Oktober 2024.

“Pemindahan dilakukan sebelum Oktober. Kira-kira September karena di Agustus nanti masih akan digunakan untuk upacara sehingga sebagian apartemen tersedia untuk keperluan Agustus. Jadi setelah Agustus,” jelas Azwar.

Alokasi 225.000 formasi untuk lulusan baru di IKN merupakan bagian dari total alokasi pemerintah sebanyak 2,3 juta formasi untuk seleksi CASN 2024, terbuka untuk berbagai profesi termasuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan talenta digital.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan