Jakarta, Aktual.com — H-2, menjelang Hari Raya Idul Fitri pastinya setiap masyarakat, khususnya umat Muslim harus mempersiapkan menu Lebaran yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Apa saja makanan khas Lebaran yang wajib ada dalam tudung saji rumah keluarga Muslim? Berikut, Aktual.com sajikan ulasannya:

1. Ketupat
Ketupat berbahan dasar beras yang dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa muda. Ketupat sebenarnya merupakan hidangan khas Asia Tenggara Maritim, sehingga selain di Indonesia, ketupat juga bisa kita jumpai di negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Brunei Darusalam.

Sajian utama yang wajib ada di meja makan saat Lebaran ini biasanya disantap bersama dengan kuah santan yang berisi potongan daging dan sayuran

2. Opor Ayam
Opor Ayam menjadi makanan khas Indonesia yang menggunakan kuah santan, dan sangat cocok disantap dengan ketupat. Ayam yang dipadu dengan aneka rempah-rempah asli Indonesia membuat rasanya gurih serta nikmat. Ini selalu menjadi menu utama ketika Lebaran tiba.

3. Rendang
Makanan asli asal Mianangkabau ini mudah dijumpai di berbagai rumah masakan padang dimana-mana. Namun, rendang termasuk salah satu menu utama saat Lebaran temannya opor yang biasa disantap saat Hari Kemenangan.

Rendang biasanya terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak bersama santan kental yang kaya akan kandungan bumbu rempah. Namun saat ini juga banyak variasi rendang dengan menggunakan bahan lain selain daging sapi, seperti daging ayam, bebek, hati, paru dan sebagainya.

4. Sambel Goreng Kentang
Yang tidak boleh ketinggalan saat Lebaran nanti yakni, sambal goreng kentang. Potongan kentang berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah pilihan ini biasanya juga dicampur dengan hati sapi, ampela, pete dan wortel.

Cita rasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pastinya akan membuat ketupat semakin terasa nikmat.

()