Jakarta, Aktual.com — Sekitar 500 penyelam dari marinir maupun komponen masyarakat lainnya melakukan penanaman bibit terumbu karang di Pantai Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (15/8).

Penanaman terumbu karang itu dipimpin Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Buyung Lalana.

Buyung Lalana mengatakan, kegiatan penanaman ini untuk penyelamatan pesisir.

“Penyelamatan pesisir itu bukan saja terkait terumbu karang tetapi juga lainnya seperti mongrove dan biota laut,”kata Buyung Lalana usai melakukan penanaman terumbu karang.

Dia mengatakan, penanaman terumbu karang tersebut merupakan salah satu amant kepala negara, dimana Indonesai sebagai poros maritim dunia, harus ada salah satu bentuk nyata di lapangan latau di laut.

“Ini merupakan cermin dari pada kegiatan poros maritim dunia,” katanya.

Buyung Lalana menghimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan yang ada.

“Menjaga pesisir kita untuk masa depan anak cucu kita,” katanya.

Pada penanaman terumbu karang tersebut juga dilakukan dialog secara langsung melalui teleconference oleh Presiden Joko Widodo dengan Dankorpsmarinir Mayjen TNI Buyung Lalana yang berada di dasar laut.

Pelaksanaan kegiatan puncak penanaman terumbu karang tersebut , selain di Pantai Malayang juga di Pulau Weh dan Pantai Tapal Kuda Ambon.

Penanaman terumbu karang itu merupakan bagian dari program penanaman satu juta bibit terumbu karang yang tersebar pada 51 lokasi dengan 251 titik di Indonesia.

Hadir pada acara ittu antara laiin Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Marinir Faridz Washington, Panglima Koarmartim Laksda TNI Darwanto, Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang, Wakil Gubernur Djauhary Kansil Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Manahan Simorangkir Usai penanaman terumbu karang tersebut dilakukan pelepasan sekitar 5.000 bibit ikan kerapu dan jenis lainnya di Pantai Malalayang.

()

()