Jakarta, Aktual.com – Alpukat punya banyak manfaat untuk kesehatan. Lokasi alpukat pun tersebar dari Meksiko dan Amerika Tengah dan dibudidayakan di banyak wilayah di dunia, termasuk Indonesia.

Alpukat dikenal sebagai buah bergizi dan punya beberapa khasiat. Dari Tribun News, nutrisi dalam alpukat yaitu kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, Vitamin C, Vitamin E,Vitamin K, Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam pantotenat (B5), Pyridoxine (B6), Folat, dan Magnesium.

Berikut ini 7 manfaat yang ada dari buah alpukat.

1. Alpukat bagus untuk jantung

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat melindungi dari berbagai penyakit jantung. Alpukat mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat yang berperan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Alpukat bisa meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL teroksidasi (sejenis kolesterol yang secara signifikan terkait dengan aterosklerosis, atau penumpukan plak di sepanjang dinding arteri).

Potasium dan magnesium dalam alpukat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Tekanan darah yang normal dapat mencegah risiko penyakit jantung.

2. Alpukat sehat untuk pencernaan

Alpukat kaya akan serat yang bisa membantu mendorong pertumbuhan bakteri sehat dan penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Bakteri baik dalam alpukat yaitu Faecalibacterium, Lachnospira, dan Alistipes.

Bakteri ini dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), termasuk butirat.

SFCA membantu bahan bakar sel usus besar dan melindungi terhadap penyakit seperti kanker kolorektal dan penyakit radang usus.

3. Alpukat bagus untuk kesehatan ibu dan janin

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi juga ikut meningkat.  Kebutuhan folat meningkat dari 400 mg menjadi 600 mg. Kebutuhan kalium melonjak dari 2.600 mg menjadi 2.900 mg. Kebutuhan vitamin C meningkat dari 75 menjadi 85 mg.

Folat penting untuk kehamilan dan mencegah risiko keguguran serta kelainan syaraf.

Kandungan lainnya seperti vitamin C, potasium, dan B6 juga penting untuk ibu hamil dan menyusui. Di sisi lain, alpukat mencegah sembelit yang umum terjadi selama kehamilan.

4. Kaya senyawa antioksidan dan anti-inflamasi

Alpukat memiliki senyawa bioaktif yakni karotenoid, vitamin C, vitamin E, dan senyawa fenolik.

Zat-zat ini telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan, neuroprotektif, dan kardioprotektif yang signifikan untuk melindungi tubuh terhadap penyakit kronis.

5. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia hadir dalam jaringan mata ada di buah alpukat. Kandungan ini memberi perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV.

Asam lemak tak jenuh tunggal bisa menyerap antioksidan larut lemak bermanfaat seperti beta karoten. Alpukat bisa mengurangi risiko degenerasi makula karena usia.

6. Meredakan osteoarthritis

Alpukat, kedelai , dan beberapa makanan nabati lainnya mengandung saponin. Zat-zat ini mungkin memiliki efek positif pada gejala osteoarthritis lutut dan pinggul.

7. Bisa mencegah kanker

Kandungan fitokimia dan karotenoid tingkat tinggi dalam alpukat memiliki sifat antikanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa karotenoid dapat melindungi terhadap perkembangan kanker.

(Shavna Dewati Setiawan | Tribun News)

(Aktual Academy)