Wamena, Aktual.com – Setelah 75 Tahun indonesia merdeka Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua bersama pihak PT.PLN Wamena baru meluncurkan program listrik masuk kampung di kawasan pinggiran kota.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Distrik Pelebaga, Kamis(6/8), mengatakan peluncuran itu menandakan masyarakat sudah bisa menikmati listrik.

“Pelebaga merupakan satu distrik sangat jauh, tetapi sampai di Kampung Landia itu listrik sudah masuk dan hari ini kita launching,” katanya.

Pemerintah akan meminta PLN untuk meluncurkan lagi listrik di beberapa distrik yang selama ini belum tersentuh, seperti Distrik Bipiri.

“Terutama yang jaringan sudah terpasang sampai ke wilayah perbatasan antarkabupaten. Saya sudah minta PLN untuk dari Distrik Tagime menuju Distrik Tagineri kalau bisa terakses supaya distrik terpinggir juga bisa menikmati lampu,” katanya.

Manajer Bidang Jaringan di PT.PLN Wamena Utrecht Z I Korwa mengatakan baru tersambung listrik ke 16 pelanggan yang tersebar di tiga kampung di Distrik Pelebaga.

Lauching ini artinya listrik di kampung sudah bisa disambung dari teman-teman gerai listrik (gelis) untuk melayani masyarakat yang ada di Pelebaga,” katanya.

Ia mengatakan masih ada sejumlah titik di Kabupaten Jayawijaya yang sedang dibangun jaringan kelistrikan, dan diupayakan dalam waktu tidak lama masyarakat bisa menikmati listrik seperti yang ada di Pelebaga.

“Secara keseluruhan ada ratusan kampung yang kita akan coba layani lagi,” katanya.(Antara)

(Warto'i)