Petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru berusaha memadamkan bara api ketika terjadi kebakaran di lahan gambut di Pekanbaru, Riau, Minggu (13/3). Untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan dan hutan yang mengakibatkan kabut asap, Satgas Karlahut Propinsi Riau terus melakukan pemadaman baik darat maupun udara dan berpatroli di kawasan-kawasan yang kerap terjadi kebakaran lahan dan hutan. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/pd/16

Pontianak, Aktual.com – Kebakaran yang dalam tiga hari terakhir melanda 80 hektare lebih lahan gambut di Desa Rasau, Kecamatan Sui Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, hingga Kamis pagi belum seluruhnya berhasil dipadamkan.

“Ada sekitar 80 hektare lebih yang sudah terbakar, termasuk kebun nenas dan sawit milik warga,” kata Komandan Rayon Militer 02/Sui Pinyuh Komando Daerah Militer 1201 Mempawah Kapten Joko Umbrawan di Sui Pinyuh, Kamis (18/7).

Komando Rayon Militer 02/Sui Pinyuh sudah mengerahkan 15 personel untuk memadamkan kebakaran lahan dengan bantuan petugas pemadam kebakaran dari instansi terkait lain.

Aparat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mempawah, Manggala Agni, dan warga setempat ikut bergotong-royong memadamkan api.

Ia mengatakan, kebakaran di Desa Rasau cepat meluas karena terjadi pada lahan gambut yang kering.

(Abdul Hamid)