Lhokseumawe, Aktual.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Provinsi Aceh memperingatkan tentang cuaca ekstrim di wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya sampai bulan Desember 2015.

Prakirawan BMKG Stasiun Blang Bintang Nasrun, Minggu (22//11) mengatakan, cuaca ekstrim tersebut berupa angin kencang dan hujan deras, sehingga harus diwaspadai sejak dini gejala cuaca tersebut.

“Menurut perkiraaan, angin kencang dan hujan deras tersebut berlangsung sampai bulan Desember dan biasanya terjadi saat sore dan malam hari. Masyarakat harus mewaspadai terhadap cuaca tersebut,” ujar Nasrun.

Nasrun menambahkan, menurut pantauan dari satelit, kecepatan angin diperkirakan mencapai 70 kilometer dan bisa lebih. Akibat angin kencang tersebut, dunia penerbagan juga ikut terganggu.

Hal tersebut disebabkan karena adanya pergerakan udara dari timur dan terjadi belokan angin dan dulunya pergerakan masa udara dari wilayah timur laut maupun barat daya, namun sekarang berubah dari arah timur berhembus ke barat dan berbelok ke arah tenggara dan selatan.

“Apabila terjadi belokan arah angin tersebut, maka pengumpulan masa udara akan semakin aktif. Sehingga menimbulkan angin kencang, yang disertai dengan hujan deras dan petir,” tutur Nasrun.

Artikel ini ditulis oleh: