Jakarta, Aktual.com — Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengaku belum menerima surat pengajuan pergantian Ketua DPR RI dari kubu Golkar hasil Munas Ancol yakni Agus Gumiwang.

Pasalnya, pasca penutupan sidang paripurna kemarin, berdasarkan surat yang diterima dari DPP Partai Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie pengganti Setya Novanto dengan menunjuk Ketua Fraksi Golkar Ade Komaruddin.

Hal itu menyusul berhentinya Ketua DPR RI Setya Novanto beberapa waktu lalu menyusul kasus dugaan permintaan saham PT Freeport Indonesia.

“Sampai saat ini yang kami terima hanya satu (pengajuan yakni Ade Komarudin), memang ada Paripurna menyampaikan interupsi, tapi tidak ada suratnya saya sudah cek sekretaris juga tidak ada,” ucap Agus, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (21/12).

Ketika ditanyakan, apakah nanti pimpinan akan mepertimbangkan bila surat pergantian ketua DPR dari kubu Munas Ancol nantinya?. Politikus Demokrat itu mengatakan akan memproses yang sudah ada dan diputuskan dalam sidang Paripurna.

“Saya tidak mau bermisalnya-misalnya kalau yang sudah ada harus yang kita laksanakan, yang sudah diperintahkan, ya itulah sah adanya ya kita proses, sehingga bisa lancar (semua proses legislatif),” sebut dia.

“Sehingga nanti pelantikannya di 11 Januari, sehingga proses sudah berjalan, pergantian tidak pernah voting diserahkan ke partai yang bersangkutan,” tandasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang